Selasa, 25 Juni 2013

Berkenalan Dengan Google Chrome

Bagi orang yang mahir menggunakan komputer, menggunakan internet akan terasa lebih mudah dibandingkan dengan orang yang tidak terbiasa atau belum sama sekali enggunakan komputer. Hal ini dikarenakan karena pada dasarnya internet adalah bagian dari sebuah program yang dioperasikan melalui komputer. Jadi, sebelum belajar menggunakan internet, alangkah lebih baiknya jika kitamengenal bagaimana cara-cara dasar mengoperasikan komputer.hal ini dapat kita lakukan dengan belajar dari teman, guru, atau orang yang lebih paham dan bisa mengoperasikan komputer dengan baik dan benar. Setelah itu, barulah kita dapat menjelajahi dunia maya internet dan mencoba mengambil beberapa hal yang positif dan berguna bagi kita semua.

Untuk menggunakan fasilitas internet, kita memerlukan seperangkat komputer yangtelah dilengkapi dengan beberapa alat dan program penunjang lain sehingga memungkinkan komputer kita dapat menjangkau jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lainnya, baik melalui kabel telepon, gelombang radio aupun satelit. Untuk keperluan itu, komputer kita harus terhubung dengan jaringan internet yang biasanya telah disediakan oleh layanan penyedia penghubung jaringan internet yang atau dikenal dengan istilah  Internet Service Provider (ISP).  America Online (AOL), Earthlink, dan Microsoft MSN adalah beberapa ISP yang cukup terkenal dan banyak digunakan di Indonesia juga ada, di antaranya Telkomnet Instan, Radnet, Melsa, CBN, dan sebagainya. Para provider ini menyediakan layanan koneksi internet dengan media yang beragam, baik itu melalui satelit yang mempunyai kecepatan gelombang radio, bahkan melalui satelit yang mempunyai kecepatan peminadahan/transmisi data dengan kecepatan yang luar biasa dan dilakukan dalam waktu yang singkat. Untuk mempermudah komputer kita dapat terhubung dengan jaringan komputer lain melalui koneksi telepon maupunn satelit, pada umumnya komputer memuat alat bantu/tambahan untuk dapat menggunakan internet yang dikenal dengan istilah modem. Dengan perangkat dan langkah-langkah yang disiapkan ini, maka dengan sendirinya kita siap menggunakan internet untuk menjelajahi dunia maya dari rumah kita maupun dari warnet-warnet yang menyediakan layanan untuk menggunakan fasilitas internet.

Sebagaimana halnya di dunia nyata yang kita alami, kita juga bisa berjalan-jalan menjelajahi dunia dengan internet selama kita mengetahui jalan dan caranya. Untuk itu, kita akan berkenalan dengan beberapa program atau perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengoperasikan komputer atau lazim disebut dengan Browsing software. Beberapa program browser yang sudah dikenal masyarakat pengguna internet, antara lain Microsoft Internet Explorer (IE), Opera, Mozilla Firefox,Google Chrome, dan lain-lain.


          Karena program google chrome adalah browser yang paling banyak digunakan dan sangat umum pada postingan ini hanya akan saya jelaskan apa dan bagaimana google chrome bekerja dan dapat digunakan.
Tampilan halaman depan Google chrome
         Gambar di atas adalah tampilan google chrome yang memuat lembar kosong untukkemudian kita isikan alamat situs internet yang kita inginkan untuk dibuka.

        Sebagai contoh kita tuliskan http://july30buttatoa.blogspot.com sebagai alamat yang akan kita buka, setelah kita menuliskan alamat situs pada bagian address bar seperti gambar di atas, lalu kita menekan enter, maka akan muncul halaman depan situs yang kita tuju.
Tampilan depan atau homopage situs internet http://july30buttatoa.blogspot.com
           Gambar di atas adalah tampilan halaman depan (homepage) situs http://july30buttatoa.blogspot.com. kalau diperhatikan, layar dipenuhi sejumlah ikon atau gambar, dan teks lainnya. artinya, saat ini kita sudah memasuki situs http://july30buttatoa.blogspot.com. Nah kalau kita menggeser atau menggerakkan mouse pointer di sekitar lembaran itu, maka pada ikon, gambar atau teks akan muncul perubahan gambar panah menjadi gambar punggung tangan. 
Panah mouse pointer
       Bentuk tangan seperti di atas  menunjukkan adanya hypertext atau hyperlink. maksudnya, ketika  pointer berbentuk tangan tadi kita klik, akan akan muncul tampilan gambar atau teks lain yang bisa jadi penjelasan dari gambar atau teks tadi. Misalkan, apabila kita gerakkan pointer ke teks "internet" dan kemudian diklik, maka akan membuka layar yang memuat isi yang ada di dalamnya.

         Untuk lebih memudahkan menggunakan google chrome maka kita perlu mengenal beberapa menu pada Google Chrome seperti pada gambar berikut :

Demikian postingan saya kali ini semoga bisa bermanfaat !!!

Tidak ada komentar: