Minggu, 16 Juni 2013

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah


Pidato Pesan dan Kesan Siswa yang Ditinggalkan

Assalamu ‘Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat Bapak Kepala SMP Muhammadiyah Bateballa, bapak/ibu guru dan staf SMP Muhammadiyah Bateballa, teman-teman siswa dan siswi SMP Muhammadiyah BAteballa, dan seluruh hadirin dan hadirat yang kami muliakan dan kami banggakan.

Alhamdulillah, wasyukurillah, walahaula walakuwwata illabillahil aliyyin adzim, wassalatu wassalamu ala asrafil anbiya’I wal mursalin wa ala alihi wasahbihi ajma’in amma ba’du.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita rahmat, hidayah dan taufik-Nya sehingga kita bisa hadir di tempat ini, guna melaksanakan acara perpisahan kelas IX (Sembilan) Tahun Ajaran 2012/2013.

Shalawat dan salam senantiasa kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang telah menyelamatkan kita dari zaman jahiliyah menuju zaman zakariyah, dari kegelapan menuju cahaya islam rahmatan lil alamin.

Hadirin dan hadirat yang sama berbahagia,
Saya berdiri di sini, karena diberikan amanah mewakili teman-teman untuk memberikan kesan dan pesan kepada kakak-kakak kelas kami yang akan meninggalkan sekolah kita yang tercinta ini karena sudah menamatkan studinya.

Kakak-kakak yang kami banggakan.
Ini adalah hari terakhir bagi kakak-kakak sekalian berada di sekolah ini. Namun, segala apa yang telah kita lalui bersama merupakan kenangan terindah yang tak akan terlupakan. Ada banyak hal yang belum sempat kami lakukan bersama kakak. Sungguh kakak adalah panutan yang baik bagi kami. Senantiasa memberi kami nasihat dan tuntunan dalam belajar. Sekarang ini hati kami (adik-adikmu) sedang menangis perih. Adakah hal yang lebih berharga dari kebersamaan. Kebersamaan yang membuat kita kuat, cerdas, dan tegar dalam membangun nama baik sekolah kita.

Hadirin wal hadirat yang dirahmati Allah.
Sebuah ungkapan yang tak asing lagi bagi kita, “di mana ada pertemuan, di situ ada perpisahan”. Satu atau dua tahun lalu kita bertemu di tempat ini, dan ditempat ini pulalah kita berpisah. Masih sangat lekat dalam ingatan sewaktu kakak-kakak membimbing dan mengarahkan kami pada Masa Orientasi Siswa yang lalu, sekarang kalian akan pergi meninggalkan kami dan Inilah takdir manusia yang tak terelakkan. Kita tak bisa melawan waktu. Biarlah waktu itu berlalu seiring dengan linangan air mata kami. Tetapi kami tetap yakin bahwa perpisahan ini merupakan jalan yang disediakan Allah kepada kita, demi meniti jalan hidup menuju kesuksesan dan kebahagiaan di masa yang akan datang.

Kakak-kakak yang kami banggakan.
Kami juga menyadari bahwa selama kebersamaan kita di sekolah ini banyak kesalahan yang kami perbuat, mungkin kami sering membuat kakak jengkel. Oleh karena itulah, dengan setulus hati, kami meminta maaf atas segala kesalahan kami.

Kakak-kakakku tercinta, pesan buat kalian. Kalian adalah alumni-alumni yang baik lagi sopan, kalian adalah alumni yang cerdas dalam ilmu dan terdepan dalam akhlakul karimah Perlihatkanlah sifat baik lagi sopan itu kepada orang-orang di luar sana. Buatlah hal itu menjadi ciri khas bagi alumni sekolah kita yaitu SMP Muhammadiyah Bateballa, sekolah bernuansa Islami, yang mengedepankan akidah, akhlak dan budi pekerti. Jagalah nama baik sekolah kita di manapun kakak memijakkan kaki. Tetapkanlah hati dan pikiran kakak dalam kejujuran dan kebenaran, niscaya kalian akan menjadi orang-orang yang sukses dan berhasil di masa depan dan ketika nanti kakak sudah sukses dalam menggapai cita-cita maka jangan lupakan kami, jangan lupakan guru-guru kita, dan jangan lupakan sekolah kita yang tercinta ini, ingatlah selalu bahwa kita pernah berada dalam satu keluarga besar yaitu keluarga besar SMP Muhammadiyah Bateballa. Selamat jalan kak, sukses selalu menyertai kalian!. Semoga Allah Yang Maha Agung mempertemukan kita kembali di masa yang akan datang.

Hadirin dan hadirat yang kami hormati.
Sekian pidato kesan dan pesan ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. Lebih dan kurangnya mohon dimaafkan.

Nun WalQalami Wamayasturun.

Wassalamu ‘Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Pidato Pesan dan Kesan Siswa yang Meninggalkan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Yang terhormat Bapak Kepala SMP Muhammadiyah Bateballa, yang terhormat Bapak/Ibu Guru dan staf SMP Muhammadiyah Bateballa, teman-teman siswa-siswi SMP Muhammadiyah Bateballa, serta hadirin dan hadirat yang kami muliakan.

Alhamdulillahirabbil Alamin, assalatu wassalamu ala asrafil anbiyai wal mursalin waala alihi wa ashabihi ajmain amma ba’ad.

Pertama-tama marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT karena atas berkah, rahmat, dan hidayah-Nyalah sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul bersama guna mengadakan acara perpisahan siswa/siswi kelas IX (Sembilan) yang diselenggarakan di Sekolah kita yang tercinta ini. Salawat dan salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah menjadi uswatun hasanah bagi kita semua. 

Para hadirin yang saya hormati,
Izinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka acara perpisahan ini. 
Tanpa terasa waktu terus bergulir, 3 tahun telah berlalu, masih teringat beberapa tahun yang lalu kami memulai aktifitas belajar di Sekolah yang tercinta ini, di mana kami menerima banyak ilmu dan pengalaman berharga. Selama 3 tahun di sini, tentunya banyak kenangan berharga yang tidak akan pernah kami lupakan, baik itu pengalaman bahagia dan sedih, suka maupun duka, serta tawa dan tangis, semuanya melebur menjadi kenangan berharga dalam tapak kehidupan kami. Kenangan kebersamaan kami dengan para guru maupun teman-teman sekalian.

Bapak/ibu guru dan teman-teman sekalian.
Selama sekolah, kami sebagai siswa dan siswi sangat bangga dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh elemen pendidik di sekolah ini, dan tak lupa pula kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua guru yang telah mengajar kami, yang sangat baik, tidak pernah pilih kasih dalam mendidik, sangat sabar dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami. Para guru yang ikhlas dalam mentransfer ilmu pengetahuan kepada kami. Berkat jerih payah Bapak dan Ibu Guru semua, kami akhirnya dapat menyelesaikan pendidikan di tingkat SMP. Sungguh Bapak dan Ibu Guru akan selalu kami kenang dan akan senantiasa terpatri di dalam sanubari.

Jujur kami tidak mampu membalas segala kebaikan Bapak dan Ibu dalam bentuk materi atau kebaikan serupa dengan apa yang telah Bapak dan Ibu Guru berikan, kami hanya dapat melantunkan iringan doa yang tulus dan ikhlas semoga Allah Yang Maha Kuasa selalu memberikan kesehatan, kekuatan, dan kebahagiaan kepada semua guru yang bertugas mengajar di sekolah ini sehingga dapat terus mengabdi dan membimbing, serta menjadikan generasi muda pelanjut bangsa menjadi orang-orang yang bermanfaat bagi agama, umat dan bangsa.

Hadirin dan hadirat yang berbahagia,
Kami menyadari bahwa selama mengenyam pendidikan di sekolah ini banyak sudah kelakuan dan sikap kami yang tidak berkenan di hati para pendidik dan seluruh elemen pendidik, kami sering tidak mematuhi petuah kalian, sering melanggar aturan sekolah, sengaja atau tidak sengaja kami pernah menyakiti hati Bapak dan Ibu guru, dan kami sadar bahwa kesuksesan tidak akan dapat kami raih baik di dunia maupun di akhirat, ketika masih banyak noda-noda yang menghalangi, disebabkan kesalahan-kesalahan kami dahulu kepada Bapak dan Ibu Guru. Oleh karena itulah, izinkan kami memohon maaf yang sebesar-besar atas segala kekhilafan kami.

Selanjutnya, untuk adik-adik kelas kami. Sungguh berat rasanya berpisah dengan kalian, karena kita sudah bersama-sama dalam beberapa tahun terakhir ini. Sebagai kakak kelas, kami hanya bisa berpesan agar kalian belajar dengan lebih tekun, perbaikilah sikap dan perilaku kalian, tunjukkan pada orang-orang bahwa siswa-siswi SMP Muhammadiyah Bateballa juga bisa unggul. Tirulah segala perilaku positif kami dan tinggalkan hal-hal negatif yang kami perbuat selama berada di sekolah ini, agar kalian dapat menjadi pribadi-pribadi yang lebih sukses. Mohon maaf, jika selama ini kami kurang bisa menjadi teladan yang baik. Sukses selalu buat adik-adik, doa kami menyertai kalian. 

Akhirnya, kami memohon kepada seluruh hadirin kiranya dapat mengiringi langkah kepergian kami dengan doa yang tulus agar Allah Yang Maha Kuasa dapat meridhai perjalanan hidup kami sehingga nantinya kami menjadi orang-orang yang bermanfaat dan sukses dunia wal akhirat.

Sekian kesan dan pesan dari kami, lebih dan kurangnya mohon dimaafkan, Nun WalQalami Wamayasturun.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Untuk mendapatkan lebih banyak contoh pidato silahkan klik tautan di bawah ini !
Contoh-contoh pidato

Tidak ada komentar: