Kamis, 27 Juni 2013

Surat Menyurat Via Internet

   
       
Dulu sebelum internet dikenal, jasa pos menjadi alternatif utama bagi kita untuk berkomunikasi tulis dengan keluarga, teman, atau pihak lain. Surat yang mau kita kirim harus dibungkus amplop dan kemudian dibubuhi perangko. Agar bisa sampai tujuan, kita harus menulis alamat yang dituju dengan jelas mulai dari nama jalan, daerah, kampung/desa, sampai kode pos. barulah, setelah itu, kita bisa mengirimkan surat melalui bus surat atau datang langsung ke kantor pos.
       Nah, di zaman serba modern sekarang ini, surat menyurat bisa dilakukan dengan lebih praktis dan relatif lebih murah. bayangkan, dalam waktu yang relatif singkat kita bisa mengirimkan puluhan atau bahkan ratusan surat elektronik atau e-mail (Electronic Mail). Secara umum prosedur surat menyurat menggunakan internet tidak jauh berbeda dengan surat-menyurat biasa. kita terlebih dahulu harus membuat e-mail account (semacam kotak surat pribadi). Untuk mendapatkan account tersebut kita bisa berlangganan ke penyedia layanan internet atau dikenal juga dengan ISP (Internet Service Prrovider), seperti Centrin, Neture, atau CBN. Juga kita bisa mendapatkan layanan e-mail gratis dari berbagai situs, seperti Yahoo, Google, Hotmail, Plasa, dan sebagainya.
       Acoount atau tempatyang kita miliki nantinya diberi jatah memori untuk menyimpan file atau surat yang kita kirim atau terima. Besarnya memoriyang diberika oleh situs penyedia fasilitas e-mail beragam tergantung situsnya. Yahoo misalnya, memberikan memori untuk setiap pengguna sampai 1 giga byte. Bahkan google memberika jatahuntuk account e-mail kita sampai 2 giga byte.bisa dibayangkan berapa juta surat yang bisa kita simpan dengan memori sebesar itu. 
       Kali ini, kita coba akses salah satu situs penyedia layanan e-mail gratis, yakni yahoo.com. beberapa lagkah yang harus kita lakukan untuk membuat sebuah akun di yahoo adalah sebagai berikut :
  1. Pertama-tama dengan mengetik alamat situs Yahoo.co.id pada address bar seperti yang pernah saya jelaskan sebelumnya. maka akan muncul tampilan berikut :

    Halaman depan (homepage) yahoo.co.id
  2. Dalam halaman depan (homepage) yahoo.co.id terdapat ikon berbentuk amplop bertuliskan "mail". Klik saja tepat pada gambar ikon tersebut, nanti akan muncul tampilan seperti berikut :
    Halaman depan (homepage) mail.yahoo.co.id
  3. Di dalam layar, muncul tulisan muncul tulisan "buat account baru" . Tulisan ini ditujukan bagi para pengguna baru layanan e-mail. Tinggal klik, maka akan muncul tampilan sebagai berikut :
    halaman registrasi untuk mendaptkan email gratis di situs yahoo.co.id
  4. Langkah selanjutnya tinggal mengisi rumpang formulir yang disediakan yang terdiri atas nama depan, nama belakang, Pilih ID yahoo (nama yang kita inginkan untuk account e-mail kita), pilih kata sandi. umumnya data yang harus diisi berkaitan dengan identitas pribadi kita, seperti tanggal lahir, alamat, pekerjaan,dan sebagainya.




    Bagi yang belum memiliki account yahoo silahkan klik di sini
    Demikian postingan saya, semoga bermanfaat bagi kita semua !

Tidak ada komentar: